Warisan Sejarah, Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur atau Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Sangat besar dan pernah masuk dalam tujuh keajaiaban dunia. Saat ditemukan, banyak bagian candi yang rusak karena terkubur oleh letusan Gunung Merapi. Candi ini ditemukan oleh orang belanda pada tahun 1814 dan mulai dilakukan pemugaran atau pembenahan.

Banyak kisah mistis atau kepercayaan tentang Candi Borobudur. Salah satunya adalah jika kita bisa memegang pusar patung budha yang berada di Candi Borobudur maka keinginan kita akan tercapai. Saya tertarik dengan hal itu. Saya mencoba memasukkan tangan saya kedalam tudung patung itu. Karena tangan saya kurang panjang saya tak bia menyentuh pusar patung budha tersebut.  Beberapa kali mencoba namun tetap tidak bisa.

Pengunjung Candi Borobudur

Pengunjung Candi Borobudur

Candi Borobudur tak pernah sepi dengan pengunjung. Jika masa liburan telah tiba maka Candi Borobudur akan sangat ramai. Jika kita berjalan memutari candi pasti akan sangat lelah. Selain karena luasnya bangunan candi ditambah juga dengan cuaca disana yang cukup panas. Jika mau berkunjung ke tempat ini sebaiknya kita membawa payung kecil lipat dari rumah. Dan jangan lupa persediaan air agar jalan-jalan kita lebih asik. Namun jangan khawatir bagi anda yang merasa ribet membawa payung, disana ada ibu-ibu yang menawarkan jasa peminjaman payung. Saya lupa berapa harganya. Payung yang kita pinjam nantinya akan diambil ketika kita keluar dari bangunan candi.

Foto ini saya ambil ketika saya masih SMA, kurang lebih tahun 2009.

Kemegahan dan keindahan Candi Borobudur masih menarik saya untuk kembali mengunjungi tempat tersebut. Entah kapan.

Tinggalkan Balasan

