Senja Di Tanggul Lumpur Lapindo


DSSenja Di Tanggul Lumpur Lapindo

Senja Di Tanggul Lumpur Lapindo

Jika kita melihat foto ini apa yang kita rasakan?

Keindahan?

Ya. Memang indah. Namun didalam keindahan ini terdapat puluhan ribu rumah yang tenggelam. Lumpur Lapindo yang semakin ramai dengan pengunjung dan menjadi temppat wisata masih menyisakan banyak masalah. Dua dari sekian banyaknya maslah yang timbul akibat Lumpur Lapindo adalah pencemaran lingkungan dan kesehatan.

Untuk mengurangi debit lumpur dalam tanggul, pihak BPLS mengalirkan lupur ini ke Sungai Porong. Dampak dari pembuangan ini adalah pencemaran air di Sungai Porong. Selain itu banyak tambak yang mengalami penurunan jumlah panen karena banyak ikan yang mati dan ikan tidak bisa tumbuh dengan baik. Ya. Air di Sungai Porong ini juga digunakan untuk mengaliri sawah dan tambak.

Kesehatan yang terganggu karena air dan udara yang tercemar juga masih menjadi problem korban Lumpur Lapindo hingga tahun 2013 ini. Korban Lumpur Lapindo yang sebelumnya dapat menggunakan air sumurnya sebagai kebutuhan mandi, makan, minum dan mencucui kini mereka harus membeli air untuk makan dan  minum karena air mereka telah tercemar sejak tahun 2006. Secara otoomatis membuat pengeluaran mereka bertambah karena harus membeli air.

Keindahan dibalik masalah. Inilah yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: