Puing-Puing Rumah Korban Lumpur Lapindo


Puing-Puing Rumah Korban Lumpur Lapindo

Puing-Puing Rumah Korban Lumpur Lapindo

Korban Lumpur Lapindo yang telah mendapatkan ganti rugi atau lebih tepatnya telah menadapatkan uang jual beli tidak begitu saja meninggalkan rumah. Mereka memilih untuk membongkar rumah dan menggunakan sisa bangunan yang masih bisa dipakai untuk digunakan kembali saat membangun rumah baru mereka. Foto ini saya ambil di Desa Renokenongo. Dalam proses bongkar rumah ini tidak gratis. Saya tidak tahu bagaimana peraturan untuk Desa Renokenongo. Saya pernah mendengar dari salah satu warga Desa Besuki jika mereka ingin membongkar rumah maka mereka harus membayar Rp. 1.000.000 / rumah. Harga tersebut berlaku untuk semua ukuran bangunan. Uang itu nantinya dibayarkan kepada pihak Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS).

Puing-Puing Korban Lumpur Lapindo

Puing-Puing Korban Lumpur Lapindo

Puing-puing bangunan ini berada di Desa Renokenongo. Pemilik dari rumah ini belum sepenuhnya membongkar rumahnya. Perlahan tapi pasti bangunan ini nantinya akan rata dengan tanah jika pemilik rumah sudah membongkar semua bangunan yang ada.

Puing-Puing Sekolah

Puing-Puing Sekolah

Berbeda dengan yang sebelumnya. Diatas adalah bangunan sekolah di Desa Besuki yang sedang dalam tahap pembongkaran. Ini adalah Madrasah Tsanawiyah(MTS) Jawa Hirul Ulum yang juga dipakai sebagai tempat belajar untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) Jawa Hirul Ulum dan Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum (MI DU). Murid dari MIDU mengungsi di sekolah ini setelah sekoalh mereka tenggelam Lumpur Lapindo. Ya. Satu bangunan ini digunakan untuk tiga tingakat pendidikan sekaligus. Jangan ditanya lagi bagaimana efektifitas belajar mereka. Sekolah ini kini pindah di Desa Pejarakan.

Puing-Puing Korban Lumpur Lapindo

Puing-Puing Korban Lumpur Lapindo

Rumah ini di Desa Siring. Sekitar 200 meter dari desa ini terdapat tanggul penahan Lumpur Lapindo. Beberapa tulisan di tembok rumah ini mengungkapkan kekesalan korban Lumpur Lapindo.

Puing-Puing Korban Lumpur Lapindo

Puing-Puing Korban Lumpur Lapindo

Foto ini saya ambil dari atas tanggul Lumpur Lapindo yang berada di pinggir jalan Raya Porong. Dari atas tampak rumah warga yang telah dibongkar. Meskipun di pinggir jalan raya, disini dulu terdapat banyak rumah dan ruko. Jalan Raya Porong sendiri masih digunakan bahkan menjadi jalan utama menuju Surabaya setelah jalan tol Surabaya-Gempol tenggelam.

2 Komentar (+add yours?)

  1. febrian hadi
    Apr 13, 2013 @ 15:40:37

    Sudah berapa tahun bencana lapindo ini mbak?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: