Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS)


Oleh : Daris Ilma

Mahasiswa. Mau nggak mau harus berhadapan dengan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Bagaimana kita menyiasati hal itu? tentunya dengan persipan yang matang agar hasil yang kita dapatkan sesuai dengan keinginan atau target kita.

Persiapan yang paling mendasar adalah belajar.

Belajar = nilai baik. Belum tentu. Tetapi yang perlu diingat adalah bagaimana cara belajar kita. Berbicara tentang nilai sebenarnya ada berbagai cara untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Salah satunya dengan mengandalkan teman ataupun melakukan hal-hal curang lain.

Perlu diingat bahwa menjadi mahasiswa yang sukses, orientasi kita adalah belajar dan bukan mendapat nilai yang tinggi. Lebih sukses lagi jika nilai yang tinggi itu kita dapatkan dari hasil kerja keras kita ketika belajar.
Sebagian besar dari kita pasti belajar mati-matian hanya sekali yaitu malam sebelum ujian dilaksanakan. Belajar seperti itu justru memperparah kondisi kita saat ujian. Dalam kondisi seperti itu bisa jadi kita malah mengantuk, sakit saat ujian berlangsung.

Nah. Kali ini kita akan membahas tips asyik belajar efektif dan berbagai persiapan lainnya yang menentukan keberhasilan UTS dan UAS. Diantaranya:

1. Cicil belajar: Biar gimanapun juga, model ujian di perguruan tinggi yang cenderung menguji lima sampai enam bab bahkan lebih nggak akan bisa dikebut dalam waktu sehari sebelum ujian, apalagi semalam sebelumnya.
Di sini kita memang dituntut untuk mulai menyicil bahan-bahan ujian. Otak manusia memang beratus-ratus kali lipat canggihnya dibandingkan dengan CPU komputer, karena itu butuh cara yang canggih juga buat memaksimalkan fungsinya. Sejelek-jeleknya sediakan waktu seminggu sebelum UTS untuk mereview kembali bahan2 kuliah.
Nggak ada yang terlambat. Meskipun hari ini kita telah menghadapi UTS masih ada kesempatan meluangkan waktu untuk belajar.

2. Variasikan gaya belajar: Pilih gaya belajar yang paling sesuai dengan diri masing-masing. Ada orang yang lebih โ€œnyerapโ€ dengan cara mendengarkan saja, melihat saja, atau bahkan kombinasi dari bermacam gaya belajar. Ade juga belajar dengan mendengarkan music agar tidak bosan.
Kalau belum menemukan gaya belajar yang paling pas, usahakan mencari gaya se-ekstrem-mungkin. Tidak nyaman belajar dengan gaya standar mungkin kalau dicoba belajar dengan posisi gaya lilin bisa lebih masuk.๐Ÿ˜€

3. Kondisikan: Apa yang harus dikondisikan? Maksudnya kondisikan diri anda, suasana sekitar, dan hal-hal lainnya untuk mendukung kesungguhan Anda dalam menghadapi UTS. Jika seminggu lagi UTS kondisikan diri untuk menahan diri dari godaan bermain-main dan nongkrong nggak jelas, kondisikan juga keuangan Anda untuk menyokong persiapan tempur seperti memfotokopi handout kuliah, membeli makanan bergizi untuk asupan otak, dan sebagainya.

4. Paksa: Ada pelajaran yang kebetulan tidak terlalu disukai, lalu harus diapakan? Paksa! Tidak suka hitung-hitungan. Paksa supaya suka, malas-malasan? Paksa supaya rajin! Karena memang semua butuh pemaksaan. Sepertidulu saat kita mati-matian memaksa diri belajar untuk masuk ke Unair ini.

5. Berdoa: Karena jika semua usaha sudah maksimal, peralatan tempur sudah lengkap. Saatnya untuk menyerahkan hasil pada Tuhan.

Usaha = hasil. Jika hasil yang kita dapatkan tidak seperti yang kita harapkan maka usaha kita belum maksimal.
Semangat buat UTS

9 Komentar (+add yours?)

  1. akhsan
    Okt 06, 2013 @ 19:22:52

    thanks atas tipsnya

    Balas

  2. Wafa'
    Okt 20, 2013 @ 12:44:07

    m’kasih yaa sekarang saya lebih semangat untuk belajar
    by wafa

    Balas

  3. Nunung Nursasih
    Mar 30, 2014 @ 17:16:17

    Thnks,,, maksih,,, :))

    Balas

  4. Itcidonghae
    Okt 12, 2014 @ 14:59:14

    Brguna bgt^^

    Balas

  5. ErdinKingston
    Okt 09, 2015 @ 22:53:26

    Alhamdulilah, stelah saya mengikuti tips ini, nilai ulangan saya membaik. Terimakasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: