Study Banding MAN Jombang di FST UNAIR


Oleh : Daris Ilma

Kamis, 8 desember 2011 terlihat bus yang terparkir di depan Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Mereka adalah siswa dari MAN Jombang yang akan melakukan study banding. Acara ini diikuti oleh 77 siswa dari 50 siswa kelas 3 IPA serta 12 siswa kelas 3 IPS. Tak ketinggalan beberapa guru pendamping dan waka humas serta waka pendidikan. Bukan hanya di UNAIR. Beberapa universitas telah mereka kunjungi diantaranya UNDIP, UNIBRAW, ITS dan UMM.

Dalam study banding kali ini mereka melakukan kunjungan di dua fakultas diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Kenapa FST? Salah satu alasan mengapa mereka memilih FST adalah nama dari Fakultas Sains dan Teknologi itu yang menarik. Hal tersebut sesuai dengan yang diungkapkan oleh Bu Sulastri, salah satu guru pendamping.

“Perubahan nama dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mejadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) itu menarik perhatian saya. Karena yang saya ketahui hanya di Unair yang menggunakan nama FST.” Ujar Bu Sulastri.

Ia juga mengatakan kalau ada dua prodi dari departemen Fisika yang menarik yaitu prodi D3 Otomasi dan Instrumentasi (OSI) dan prodi Teknobiomedik (TB). Kedua prodi tersebut belum ada di universitas lain yang telah mereka kunjungi.

“Saya mengarahkan kepada beberapa murid untuk memilih prodi tersebut terutama D3 OSI karena program kerjanya cepat.” Lanjutnya.

Ketika memasuki laboratorium Biofisika mereka terlihat begitu antusias untuk mempelajari alat-alat yang ada.
“Saya kali ini mempelajari alat-alat yang ada di laboratorium. Semua alat yang ada disini belum pernah saya temui di lab sekolah saya.” Tutur Sinta, salah satu murid dari kelas 3 IPA.

Bu Sulastri juga menambahkan bahwa tujuan dari study banding ini adalah untuk menjalin kerjasama dengan beberapa universitas terutama Unair. Study banding memang diperlukan karena untuk memperkenalkan kepada siswa bagaimana wajah dunia pendidikan di tingkat universitas. Selain itu siswa bisa mengetahui apa saaja fakultas dan prodi yang ada sehingga mempermudah mereka untuk memilih jurusan yang akan mereka ambil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: