Menengok Kinerja Kelompok Studi Strategi Analisis Peka Lingkungan (KSSAPL)


Oleh : Daris Ilma

Menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas wajib kita bersama. Tapi tanpa sadar kita sering mengabaikan kelestarian lingkungan disekitar kita. Kelompok Studi Strategi Analisis Peka Lingkungan (KSSAPL) adalah salah satu Badan Semi Otomom (BSO) yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan aplikasinya bergerak pada segala permasalahan yang ada pada lingkungan hingga terciptanya sebuah solusi terhadap permasalahan tersebut.

Lingkungan disini meliputi lingkungan alam, sosial, budaya, lingkungan kampus maupun lingkungan masyarakat. Nah lengkap kan? Ternyata lingkungan mencakup arti yang begitu luas.

Program kerja yang ditawarkan oleh KSSAPL di tahun ini meliputi :Komposer Daun Kampus (Kodak), Artikel Penelitian (Arti Pena), Raker KSSAPL 2011, Pelatihan Kepemimpinan (PLK), dayung KSSAPL, kongres KSSAPL 2011, pembuatan blong KSSAPL, mading KSSAPL, buletin KSSAPL, Spirit Of Ramadhan (SPORD) dan Donor darah (Dondar). Nah banyak banget kan? Proker baru di tahun ini adalah KODAK dan SPORD yang ditahun sebelumnya belum pernah ada di proker KSSAPL.

Agar bisa mensukseskan proker-proker yang telah dirancang, dalam KSSAPl dibagi menjadi beberapa divisi diataranya : Divisi Penelitian, Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Divisi Info dan Komunikasi (Infokom) dan Divisi Pengabdian Masyarakat (Pengmas).

KSSAPL adalah salah satu BSO yang terjun langsung di tempat bencana seperti yang diutarakan oleh Arga Birawa, ketua KSSAPL “Kita selalu peka dengan lingkungan. Ketika ada bencana tidak heran kalau kita sering terjun langsung ke lokasi untuk membantu korban yang tidak semua ormawa mau melakukannya. Atau kita sering mengadakan galang dana. Kita mungkin salah satu BSO yang bergerak atas dasar kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.”

Hal tersebut dibuktikan ketika terjadi gempa dan gunung memetus di Yogyakarta. KSSAPL adalah satu-satunya ormawa yang mengirimkan relawan untuk membantu masyarakat pasca bencana yogya dengan mengajar anak-anak SD disana.

Untuk meningkatkan kinerja anggota, KSSAPL mengadakan pertemuan setiap hari Jumat. Dalam pertemuan itu hal yang sering dibahas adalah masalah proker, kuliah, isue kampus dll.
“Dengan sering bertemu kita bisa saling memotivasi antar sesama anggota lain. Prinsip keorganisasian yang kami pakai adalah seperti filosofi burung bangau yang membentuk huruf V ketika terbang.” Ucap Arga. Ia juga berpesan kepa seluruh anggota KSSAPL agar tetap semangat dan menjadi pelopor dilingkungan mereka berada.

Dalam menyambut mahasiswa baru ini, kak arga punya sedikit pesan untuk mereka,
“Ikutilah organisasi atau kegiatan yang kalian sukai karena disitulah kalian akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tidak kalian dapat dari sekolah ataupun skripsi.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: