Semangat Menyambut Mahasiswa Baru 2012


Oleh : Daris Ilma

Memasuki tahun ajaran baru 2012, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Fsaintek) yang tergabung dalam kepanitiaan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) mulai terlihat sibuk. Hal tersebut dapat dilihat dari rutinitas rapat panitia yang dilakukan setiap seminggu sekali.

Kegiatan yang bernama Process of Introduction for New Generation to be Morality Scientist (PROMISE) ini ternyata mendapatkan sambutan baik dari mahasiswa Fsaintek. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk menjadi panitia. Sangat berbeda dari tahun sebelumnya dimana jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri tidak mencapai target sehingga panitia inti yang sudah terbentuk harus mengajak beberapa temannya agar bersedia menjadi panitia.

PMB yang berlangsung selama dua hari ini sangat berbeda dengan PMB sebelumnya, mulai dari tema, konsep hingga penugasan yang akan diberikan. PMB kali ini mengusung tema membentuk generasi emas yang berjiwa pemimpin dengan asas solidaritas, loyalitas dan keilmuan berdasarkan moral dan budi pekerti luhur dalam upaya perubahan paradigma mahasiswa menuju masyarakat madani demi perubahan bangsa.

Tema yang dipilih tersebut mempunyai beberapa tujuan diantaranya untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, membentuk paradigma dan pola berpikir mahasiswa baru sebagai moral force, agent of change, dan iron stock serta menanamkan nilai pengabdian masyarakat, keilmuan, dan kewirausahaan pada mahasiswa baru.
“Untuk konsep PMB tahun ini kami hanya menyisipkan beberapa materi seperti pergerakan mahasiswa dan motivasi berprestasi. Untuk penugasan kali ini lebih mengarah pada penugasan yang bersifat on the spot,” ungkap Lisa, Koordinatoor Acara.

Ia juga menjelaskan bahwa penugasan on the spot yang diberikan bertujuan untuk mengurangi jam begadang maba seperti ospek pada umumnya dimana maba selalu disibukkan dengan penugasan yang diberikan panitia. Selain itu, dengan adanya tugas on the spot ini diharapkan maba semakin mengerti bagaimana kondisi lingkungan Fsaintek dan semakin antusias dalam pengerjaan penugasan.

Tak mau kalah dengan konsep baru yang diberikan oleh sie acara, beberapa sie lain seperti sie evaluator, sie pemandu, sie kesehatan dan sie keamanan akan mengadakan pelatihan khusu untuk anggotanya agar konsep dan kinerja mereka dapat berjalan baik dan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati.

Ahmad Wanto, ketua acara berharap agar acara ini dapat mencetak mahasiswa yang mempunyai semangat masa depan, lebih mengenal lebih dekat mengenai dinamika kampus dengan segala problematika yang akan dihadapinya kelak, dapat menjadi ilmuan yang cemerlang, kritis terhadap berbagai permalahan yang muncul, konstruktif terhadap setiap kebijakan yang diambil, dan bermoral serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sejalan dengan motto “The Best Science with Morality.”

About these ads

1 Komentar (+add yours?)

  1. chad25equmlf
    Jul 02, 2013 @ 02:12:09

    We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community.
    Your site offered us with valuable info to work on. You have done an impressive job and our entire
    community will be grateful to you.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 872 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: